Minggu, 10 April 2016

MAKALAH STRUKTUR PASAR



Makalah
STRUKTUR PASAR

Dosen:
Muhammad Dullah, SE, MM.




Di susun oleh:
1.      Mareta Ramadhiana Putri (1502020175)
2.      Kharima Asrofi (1502020176)
3.      Sukartono (1502020030)
4.      Miftakhul Said (1502020149)
5.      Mariotosi Arisbowo (1502020174)
6.      Eko saputro
7.   Novian Dwi Prayana (1502020119) 
8.   Fohan Bagus (1502020041)


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami sampaikan kehadiran Tuham Yang Maha Esa, yang telah mencurahkan nikmatnya serta kesehatan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah kami yang berjudul “Struktur Pasar” makalah ini kami buat dalam rangka memenuhi tugas dari salah satu mata kuliah kami yaitu Teori Ekonomi Mikro, di program studi Manajemen Universitas Wisnuwardhana Malang.

Akhirnya penulis menyadari bahwa terdapat banyak  kekurangan pada makalah ini, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari para pembaca demi tercapainya kesempurnaan dalam pembuatan makalah yang akan datang. Penulis berharap bahwa makalah ini dapat memberikan manfaat bagi yang membutuhkan.






Malang, April 2016

Penulis



BAB I
PENDAHULUAN


1.1  LATAR BELAKANG

Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga  akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan.
Jadi setiap proses yang mempertemukan antara pembeli dan penjual, maka akan membentuk harga yang disepakati antara pembeli danpejual.
Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat melihat pasar dalam bentuk fisik seperti pasar barang (baran konsumsi). Secara sederhana pasar dapat dikelompokkan menjadi:
a.       Menurut segi fisiknya, pasar dapat dibedakan menjadi beberapa macam, diantaranya:
1.      Pasar  tradisional
2.      Pasar raya
3.      Pasar abstrak
4.      Pasar konkrit, dll
b.      Sedangkan berdasarkan jenis barang  yang dijual, pasar dibedakan menjadi beberapa macam di antaranya:
1.      Pasar ikan
2.      Pasar sayuran
3.      Pasar buah-buahan
4.      Pasar elektronik,dll
Aktivitas usaha yang dilakukan di pasar pada dasarnya akan melibatkan dua subyek pokok, yaitu produsen dan konsumen.  Kedua subyek tersebut masing-masing mempunyai peranan yang sangat besar terhadap pembentukan harga barang di pasar.

1.2. RUMUSAN MASALAH
1)      Apa pengertian Struktur pasar?
2)       Kekuatan dan kelemahan pasar persaingan sempurna


1.3. TUJUAN PENULISAN

Sebagai salah satu tugas dari mata kuliah Teori Ekonomi Mikro yang menjadi salah satu pengembangan ilmu dan menambah wawasan mahasiswa mengenai Struktur Pasar






BAB II
PEMBAHASAN

2.1 PENGERTIAN STRUKTUR PASAR
Dalam dunia nyata, proses tercapainya tingkat harga dan output sangat dipengaruhi oleh struktur pasarnya. Pasar (market) terdiri dari pembeli dan penjual aktual maupun potensial dari suatu produk tertentu. Struktur pasar mengacu kepada lingkungan  persaingan di mana pembeli dan penjual produk tersebut beroperasi.
Biasanya struktur pasar dibagi menjadi empat jenis  Pasar persaingan  sempurna pada kutub ekstrim yang satu, pasar monopoli murni pada kutub ekstrim yang lain, dan pasar persaingan monopolistik serta oligopoli yang berada ditengah-tengahnya. Jenis-jenis struktur atau organisasi pasar ini didefenisikan berdasarkan jumlah serta ukuran pembeli dan pjual bagi produk tersebut, Jenis produk yang dibeli dan dijual (yaitu terstandarisasi atau homogen, berlawanan dengan produk terdiferensiasi), tingkat mobilitas sumber daya (yaitu kemudahan bagi perusahaan atau pemilik  faktor produksi untuk memasuki kondisi permintaan dan penawaran yang dimiliki oleh agen-agen ekonomi (yaitu perusahaan, pemilik faktor produksi, dan konsumen).



2.2 EMPAT JENIS STRUKTUR PASAR
Analisa ekonomi membedakan struktur pasar menjadi 4 jenis yaitu : Pasar Persaingan Sempurna, Pasar Monopoli, Persaingan Monopolistik, dan Pasar Oligopoli:
1  Pasar persaingan sempurna
Persaingan sempurna merupakan struktur pasar yang paling ideal karena dianggap sistem pasar ini adalah struktur pasar yang akan menjamin terwujudnya kegiatan memproduksi barang atau jasa yang tinggi (optimal) efisiensinya. Perekonomian merupakan pasar persaingan sempuma. Akan tetapi dalam prakteknya tidaklah mudah untuk menentukan jenis industri yang struktur organisasinya digolongkan kepada persaingan sempurna yang murni.
Pasar persaingan sempurna adalah bentuk organisasi pasar  dimana:
1.      Terdapat banyak pembeli dan penjual bagi suatu produk
2.      Produknya bersifat homogen
3.      Terdapat mobilitas sumber daya yang sempurna
4.      Agen ekonomi memiliki pengetahuan yang sempurna tentang pasar


 2. Pasar monopoli
Adalah bentuk organisasi pasar dimana hanya ada satu perusahaan yang menjual sebuah produk yang tidak memilikisubsitusi dekat. Perusahaan baru sangat sulit atau bahkan tidak mungkin masuk ke dalam industri ini (terbukti dengan fakta bahwa dalam industri tersebut terdapat perusahaan tunggal).
3.  Pasar persaingan monopolistik
Mengacu kepada kasus dimana terdapat banyak penjual dari suatu produk yang terdiferensi dan perusahaan-perusahaan cukup mudah keluar dan masuk ke dalam industri dalam jangka panjang.
4.  Pasar oligopoli
Adalah kasus ketika terdpat sedikit penjual dari sbuah produk yang homogen ataupun terdiferensi. Meskipun perusahaan baru mungkin saja masuk  ke dalam industri ini , tapi tidak mudah untuk melakukannya (terbukti dengan fakta bahwa dalam industri tersebut hanya terdapat sedikit perusahaan)
Pasar monopoli, persaingan monopolistik, dan oligopoli sering juga disebut sebagai pasar persaingan tidak sempurna (imperfect competition).



2.3 PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Pasar persaingan sempurna: Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Persaingan akan terjadi apabila penjual dan pembeli dalam jumlah besar mengadakan saling hubungan secara aktif dengan maksud memaksimumkan keuntungan dan kepuasan atas dasar harga-harga yang ditentukan oleh penawaran dan permintaan. Contoh produknya seperti beras,gandum, dan kentang. Pasar persaingan sempurna memiliki ciri-ciri :
o    Jumlah penjual dan pembeli banyak
o    Barang yang dijual bersifat homogen
o    Penjual bersifat mengambil harga (price taker)
o    Posisi tawar komsumen kuat
o    Sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata
o    Sensitif terhadap perubahan harga
o    Mudah untuk masuk dan keluar dari pasar
Dalam pasar persaingan sempurna, terdapat mobilitas sempurna dan berbagai sumber daya yang ada. Artinya, pekerja an faktor produksi lainnya dapat dengan mudah bergerak secara geografis dari satu pekerjaan kepekerjaan lainnya, dan dapat bereaksi dengan cepat terhadap insentif berupa uang.



2.4 KARAKTERISTIK PASAR  SEMPURNA
Beberapa karakteristik agar sebuah pasar dapat dikatakan persaingan sempurna :
a)      Semua perusahaan memproduksi barang yang homogen
b)      Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan/ informasi sempurna
c)      Output sebuah perusahaan relatif  kecil dibandingkan output pasar
d)     Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar
e)      Semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar
a) Semua perusahaan memproduksi barang yang homogen (Homogenitas produk)
Adalah produk yang mampu memberikan kepuasan  kepada konsumen tanpa perlu mengetahui siapa produsennya. Konsumen tidak membeli merek barang tetapi kegunaan barang. Karena itu semua perusahaan dianggap mampu memproduksi barang dan jasa dengan kualitas dan karakteristik yang baik.
b)  Pengetahuan sempurna Para pelaku ekonomi (konsumen dan produsen). memiliki pengetahuan sempurna tentang harga produk dan input yang dijual. Dengan, demikian, konsumen tidak akan mengalami perlakuan harga jual yang berbeda dari satu perusahaan dengan perusahaa lainnya.
c)  Output perusahaan relatif kecil di bandingkan output pasar
Semua perusahaan dalam industri (pasar) dianggap berproduksi efisien (biaya rata-rata
 rendah), baik dlam jangka pendek maupun jangka panjang .

 d) Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar
Konsekuensi dari asumsi diatas adalah bawa perusahaan menjual produknya dengan berpatokan  pada harga yang ditetapkan pasar karena secara individu perusahaan tidak mampu memengaruhi harga pasar. Yang dapat dilakukan perusahaan adalah menyesuaikan jumlah output untuk mencapai laba maksimum.
e) Semua perusahaan bebas masuk-keluar pasar
Pemikiran yang mendasari asumsi adalah dalam pasar persaingan sempurna faktor produksi mobilitasnya tidak terbatas dan tidak ada biaya yang harus dikeluarka untuk memndahkan faktor produksi.hal tersebut menyebabkan perusahaan leluasa untuk keluar masuk pasar.

2.5 KEKUATAN DAN KELEMAHAN PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
A.  KELEBIHAN
1.      harga jual barang dan jasa adalah yang termurah
2.      jumlah output paling banyak sehingga rasio output per penduduk maksimal
3.      masyarakat merasa nyaman dalam menkonsumsi dan tidak takut ditipu dalam kualitas dan harga


 B.KELEMAHAN
1.      Kelemahan dalam hal konsumsi
2.      Kelemahan dalam pengembangan teknologi
3.      Konflik efisien-keadilan

2.6 PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA
Pasar persaingan tidak sempurn adalah pasar atau idustri yang terdiri dari produsen-produsen yang mempunyai kekuatan pasar atau mampu mengendalikan harga output di pasar.
Terdapat tiga model umum di pasar persaingan tidak smpurna, yaitu
1.      Pasar Monopoli
pasar monopoli merupakan industri yang terdiri dari satu perusahaan di mna terdapat hambatan bagi perusahaan-perusahaan baru untuk memasuki pasar.
Beberapa hambatan masuk berupa waralaba pemerintah,paten,skala ekonomi dan keunggulan biaya lain, kepemilikan atas faktor produksi yang langka.
2.      Pasar Persaingan Monopolistik
Merupakan industri yang memiliki banyak produsen di ana perusahaan pesaing beba memasuki industri dan perusahaan-perusahaan mendiferensiasikan produk mereka.
Diferensiasi produk dimaksudkan untuk memenuhi keinginan konsumen, membangun repatulasi atas produk yang dihasilkan dan memberikan pelayanan yang baik.
3.      Pasar oligopoli
Adalah industri dengan sejumlah kecil perusahaan yang masing-masing cukup mampu untuk mempengaruhi harga pasar dari output yang dihasilkannya. Selain memiliki banyak bentuk dalam pasar oligopoli terdapat juga empat model yang umum dikenal yaitu:
a.       Model kolusi
b.      Model cournot
c.       Model kurva permintaan yang patah
d.      Model kepemimpinan harga

 
   2.7 STRUKTUR PASAR MODAL INDONESIA
       Struktur Pasar Modal Indonesia telah diatur oleh UU No. 8 Tahun 1995 tentang pasar Modal








BAB III
PENUTUP


3.1  KESIMPULAN
Dari pemaparan yang telah pemakalah uraian di atas, dapat ditarik beberapa kesimpulan, yaitu:
Pasar persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai suatu struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual atau pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan pasar.
Dalam menganalisi usaha sesuatu perusahaan untuk memaksimumkan keuntungan, dua hal yang harus diperhatikan yaitu:
1.    Biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan.
2.    Hasil penjualan dari barang yang dihasilkan perusahaan itu
3.2 SARAN
Isi makalah ini belumlah lengkap dan jauh dari sempurna, untuk itu sebagai penulis saya mengharapkan kritikan dan saran yang konstruktif dari pembaca sebagai penyempurna dimasa yang akan datang.



 

1 komentar:

  1. What is a gambling casino site? | Lucky Club
    Looking to find out everything about casino gambling sites in 2020? Check out the best list of casinos that have been operating legally since 2000!🎁 Slots: luckyclub.live 600+💲 Min Withdrawal: $/£/€ 30💲 Bonus Type: Instant Play📱 Mobile: Android,iPhone,iPad,Other Mobile Rating: 4.7 · ‎Review by LuckyClub

    BalasHapus