Makalah
STRUKTUR PASAR
Dosen:
Muhammad
Dullah, SE, MM.
Di susun oleh:
1. Mareta Ramadhiana Putri (1502020175)
2. Kharima Asrofi (1502020176)
3. Sukartono (1502020030)
4. Miftakhul Said (1502020149)
5. Mariotosi Arisbowo (1502020174)
6. Eko saputro
7. Novian Dwi Prayana (1502020119)
8. Fohan Bagus (1502020041)
7. Novian Dwi Prayana (1502020119)
8. Fohan Bagus (1502020041)
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami sampaikan kehadiran Tuham Yang Maha Esa, yang telah mencurahkan nikmatnya serta kesehatan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah kami yang berjudul “Struktur Pasar” makalah ini kami buat dalam rangka memenuhi tugas dari salah satu mata kuliah kami yaitu Teori Ekonomi Mikro, di program studi Manajemen Universitas Wisnuwardhana Malang.
Akhirnya penulis menyadari bahwa terdapat banyak kekurangan pada makalah ini, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari para pembaca demi tercapainya kesempurnaan dalam pembuatan makalah yang akan datang. Penulis berharap bahwa makalah ini dapat memberikan manfaat bagi yang membutuhkan.
Malang,
April 2016
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR
BELAKANG
Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi
antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa
tertentu, sehingga akhirnya dapat
menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan.
Jadi setiap proses yang mempertemukan antara
pembeli dan penjual, maka akan membentuk harga yang disepakati antara pembeli
danpejual.
Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat melihat
pasar dalam bentuk fisik seperti pasar barang (baran konsumsi). Secara
sederhana pasar dapat dikelompokkan menjadi:
a. Menurut
segi fisiknya, pasar dapat dibedakan menjadi beberapa macam, diantaranya:
1. Pasar
tradisional
2. Pasar raya
3. Pasar abstrak
4. Pasar konkrit, dll
b. Sedangkan berdasarkan jenis barang yang dijual, pasar dibedakan menjadi beberapa
macam di antaranya:
1. Pasar ikan
2. Pasar sayuran
3. Pasar buah-buahan
4. Pasar elektronik,dll
Aktivitas
usaha yang dilakukan di pasar pada dasarnya akan melibatkan dua subyek pokok,
yaitu produsen dan konsumen. Kedua
subyek tersebut masing-masing mempunyai peranan yang sangat besar terhadap
pembentukan harga barang di pasar.
1.2. RUMUSAN MASALAH
1) Apa pengertian Struktur pasar?
2)
Kekuatan dan kelemahan pasar persaingan
sempurna
1.3. TUJUAN PENULISAN
Sebagai
salah satu tugas dari mata kuliah Teori Ekonomi Mikro yang menjadi salah satu
pengembangan ilmu dan menambah wawasan mahasiswa mengenai Struktur Pasar
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN STRUKTUR PASAR
Dalam
dunia nyata, proses tercapainya tingkat harga dan output sangat dipengaruhi
oleh struktur pasarnya. Pasar (market) terdiri dari pembeli dan penjual aktual
maupun potensial dari suatu produk tertentu. Struktur pasar mengacu kepada
lingkungan persaingan di mana pembeli
dan penjual produk tersebut beroperasi.
Biasanya
struktur pasar dibagi menjadi empat jenis
Pasar persaingan sempurna pada
kutub ekstrim yang satu, pasar monopoli murni pada kutub ekstrim yang lain, dan
pasar persaingan monopolistik serta oligopoli yang berada ditengah-tengahnya.
Jenis-jenis struktur atau organisasi pasar ini didefenisikan berdasarkan jumlah
serta ukuran pembeli dan pjual bagi produk tersebut, Jenis produk yang dibeli
dan dijual (yaitu terstandarisasi atau homogen, berlawanan dengan produk
terdiferensiasi), tingkat mobilitas sumber daya (yaitu kemudahan bagi
perusahaan atau pemilik faktor produksi
untuk memasuki kondisi permintaan dan penawaran yang dimiliki oleh agen-agen
ekonomi (yaitu perusahaan, pemilik faktor produksi, dan konsumen).
2.2 EMPAT JENIS STRUKTUR PASAR
Analisa
ekonomi membedakan struktur pasar menjadi 4 jenis yaitu : Pasar Persaingan
Sempurna, Pasar Monopoli, Persaingan Monopolistik, dan Pasar Oligopoli:
1
Pasar
persaingan sempurna
Persaingan sempurna merupakan struktur pasar yang paling ideal
karena dianggap sistem pasar ini adalah struktur pasar yang akan menjamin
terwujudnya kegiatan memproduksi barang atau jasa yang tinggi (optimal)
efisiensinya. Perekonomian merupakan pasar persaingan sempuma. Akan tetapi
dalam prakteknya tidaklah mudah untuk menentukan jenis industri yang struktur
organisasinya digolongkan kepada persaingan sempurna yang murni.
Pasar
persaingan sempurna adalah bentuk organisasi pasar dimana:
1. Terdapat banyak pembeli dan penjual bagi suatu
produk
2. Produknya bersifat homogen
3.
Terdapat
mobilitas sumber daya yang sempurna
4.
Agen
ekonomi memiliki pengetahuan yang sempurna tentang pasar
2. Pasar monopoli
Adalah bentuk organisasi pasar dimana hanya ada satu perusahaan
yang menjual sebuah produk yang tidak memilikisubsitusi dekat. Perusahaan baru
sangat sulit atau bahkan tidak mungkin masuk ke dalam industri ini (terbukti
dengan fakta bahwa dalam industri tersebut terdapat perusahaan tunggal).
3. Pasar persaingan monopolistik
Mengacu kepada kasus dimana terdapat banyak penjual dari suatu
produk yang terdiferensi dan perusahaan-perusahaan cukup mudah keluar dan masuk
ke dalam industri dalam jangka panjang.
4. Pasar oligopoli
Adalah kasus ketika terdpat sedikit penjual dari sbuah produk yang
homogen ataupun terdiferensi. Meskipun perusahaan baru mungkin saja masuk ke dalam industri ini , tapi tidak mudah
untuk melakukannya (terbukti dengan fakta bahwa dalam industri tersebut hanya
terdapat sedikit perusahaan)
Pasar monopoli, persaingan monopolistik, dan oligopoli sering juga
disebut sebagai pasar persaingan tidak sempurna (imperfect competition).
2.3 PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Pasar persaingan sempurna: Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak dan
produk yang dijual bersifat homogen. Persaingan akan terjadi apabila penjual
dan pembeli dalam jumlah besar mengadakan saling hubungan secara aktif dengan
maksud memaksimumkan keuntungan dan kepuasan atas dasar harga-harga yang
ditentukan oleh penawaran dan permintaan. Contoh produknya seperti
beras,gandum, dan kentang. Pasar persaingan sempurna memiliki ciri-ciri :
o Jumlah penjual dan pembeli banyak
o Barang yang dijual bersifat homogen
o Penjual bersifat mengambil harga (price taker)
o Posisi tawar komsumen kuat
o Sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata
o Sensitif terhadap perubahan harga
o Mudah untuk masuk dan keluar dari pasar
Dalam
pasar persaingan sempurna, terdapat mobilitas sempurna dan berbagai sumber daya
yang ada. Artinya, pekerja an faktor produksi lainnya dapat dengan mudah
bergerak secara geografis dari satu pekerjaan kepekerjaan lainnya, dan dapat
bereaksi dengan cepat terhadap insentif berupa uang.
2.4 KARAKTERISTIK
PASAR SEMPURNA
Beberapa karakteristik agar
sebuah pasar dapat dikatakan persaingan sempurna :
a)
Semua
perusahaan memproduksi barang yang homogen
b)
Produsen
dan konsumen memiliki pengetahuan/ informasi sempurna
c)
Output
sebuah perusahaan relatif kecil
dibandingkan output pasar
d)
Perusahaan
menerima harga yang ditentukan pasar
e)
Semua
perusahaan bebas masuk dan keluar pasar
a) Semua perusahaan memproduksi barang yang homogen (Homogenitas produk)
Adalah produk yang mampu memberikan
kepuasan kepada konsumen tanpa perlu
mengetahui siapa produsennya. Konsumen tidak membeli merek barang tetapi
kegunaan barang. Karena itu semua perusahaan dianggap mampu memproduksi barang
dan jasa dengan kualitas dan karakteristik yang baik.
b) Pengetahuan sempurna Para pelaku ekonomi (konsumen dan produsen).
memiliki pengetahuan sempurna tentang harga produk dan input yang dijual.
Dengan, demikian, konsumen tidak akan mengalami perlakuan harga jual yang
berbeda dari satu perusahaan dengan perusahaa lainnya.
c) Output perusahaan relatif kecil di bandingkan output pasar
Semua perusahaan dalam industri (pasar)
dianggap berproduksi efisien (biaya rata-rata
rendah), baik dlam jangka pendek
maupun jangka panjang .
d) Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar
Konsekuensi dari asumsi diatas adalah bawa
perusahaan menjual produknya dengan berpatokan
pada harga yang ditetapkan pasar karena secara individu perusahaan tidak
mampu memengaruhi harga pasar. Yang dapat dilakukan perusahaan adalah
menyesuaikan jumlah output untuk mencapai laba maksimum.
e) Semua perusahaan bebas masuk-keluar pasar
Pemikiran yang mendasari asumsi adalah dalam
pasar persaingan sempurna faktor produksi mobilitasnya tidak terbatas dan tidak
ada biaya yang harus dikeluarka untuk memndahkan faktor produksi.hal tersebut
menyebabkan perusahaan leluasa untuk keluar masuk pasar.
2.5 KEKUATAN
DAN KELEMAHAN PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
A. KELEBIHAN
1. harga
jual barang dan jasa adalah yang termurah
2. jumlah
output paling banyak sehingga rasio output per penduduk maksimal
3. masyarakat
merasa nyaman dalam menkonsumsi dan tidak takut ditipu dalam kualitas dan harga
B.KELEMAHAN
1. Kelemahan
dalam hal konsumsi
2. Kelemahan
dalam pengembangan teknologi
3. Konflik
efisien-keadilan
2.6 PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA
Pasar
persaingan tidak sempurn adalah pasar atau idustri yang terdiri dari
produsen-produsen yang mempunyai kekuatan pasar atau mampu mengendalikan harga
output di pasar.
Terdapat
tiga model umum di pasar persaingan tidak smpurna, yaitu
1.
Pasar
Monopoli
pasar
monopoli merupakan industri yang terdiri dari satu perusahaan di mna terdapat
hambatan bagi perusahaan-perusahaan baru untuk memasuki pasar.
Beberapa
hambatan masuk berupa waralaba pemerintah,paten,skala ekonomi dan keunggulan
biaya lain, kepemilikan atas faktor produksi yang langka.
2.
Pasar
Persaingan Monopolistik
Merupakan industri yang memiliki banyak produsen di ana perusahaan
pesaing beba memasuki industri dan perusahaan-perusahaan mendiferensiasikan
produk mereka.
Diferensiasi produk dimaksudkan untuk memenuhi keinginan konsumen, membangun
repatulasi atas produk yang dihasilkan dan memberikan pelayanan yang baik.
3. Pasar oligopoli
Adalah industri dengan sejumlah kecil perusahaan yang masing-masing
cukup mampu untuk mempengaruhi harga pasar dari output yang dihasilkannya.
Selain memiliki banyak bentuk dalam pasar oligopoli terdapat juga empat model
yang umum dikenal yaitu:
a. Model kolusi
b.
Model
cournot
c.
Model
kurva permintaan yang patah
d.
Model
kepemimpinan harga
2.7 STRUKTUR PASAR MODAL INDONESIA
Struktur Pasar Modal Indonesia telah
diatur oleh UU No. 8 Tahun 1995 tentang pasar Modal
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Dari
pemaparan yang telah pemakalah uraian di atas, dapat ditarik beberapa
kesimpulan, yaitu:
Pasar
persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai suatu struktur pasar atau
industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual atau
pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan pasar.
Dalam
menganalisi usaha sesuatu perusahaan untuk memaksimumkan keuntungan, dua hal
yang harus diperhatikan yaitu:
1.
Biaya
produksi yang dikeluarkan perusahaan.
2.
Hasil
penjualan dari barang yang dihasilkan perusahaan itu
3.2 SARAN
Isi
makalah ini belumlah lengkap dan jauh dari sempurna, untuk itu sebagai
penulis saya mengharapkan kritikan dan saran yang konstruktif dari pembaca
sebagai penyempurna dimasa yang akan datang.
What is a gambling casino site? | Lucky Club
BalasHapusLooking to find out everything about casino gambling sites in 2020? Check out the best list of casinos that have been operating legally since 2000!🎁 Slots: luckyclub.live 600+💲 Min Withdrawal: $/£/€ 30💲 Bonus Type: Instant Play📱 Mobile: Android,iPhone,iPad,Other Mobile Rating: 4.7 · Review by LuckyClub